Catat Syarat Pengajuan Paspor dan Visa Sebelum ke Uni Emirat Arab!

Admin,
20 Januari 2022 - 19:13

Menjadi wilayah paling diincar oleh tenaga kerja seluruh dunia, Uni Emirat Arab memiliki kebijakan tersendiri dalam hal perizinan. Melalui paspor dan visa yang valid, baik pekerja, turis maupun pelaku bisnis bisa menjalankan kegiatan dengan aman. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu dicatat sebelum masuk tanah Timur Tengah.

  • Paspor

Paspor dan visa diwajibkan oleh seluruh pengunjung UAE dengan pengecualian untuk warga negara dari negara tertentu. Pelancong bisnis setidaknya harus memiliki paspor yang valid selambat-lambatnya enam bulan sebelum masa berlaku. Sedangkan turis setidaknya tiga bulan sebelum tanggal kadaluarsa.

Sedangkan warga negara dari Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerjasama Teluk tidak perlu visa untuk memasuki UEA. Paspor atau kartu ID nasional yang valid sudah cukup menjadi bukti.

  • Visa

Proses pengajuan visa yang rumit, persyaratan dan biaya perjalanan bervariasi tergantung dari masing-masing negara. Lebih dari 30 negara yang warganya dapat memperoleh visa saat masuk. Ada pula yang memerlukan visa baru setelah 30 hari meninggalkan negara tersebut.

Maka sebelum memutuskan untuk datang ke UEA, sebaiknya hubungi kedutaan atau konsulat Uni Emirat Arab terdekat guna mendapatkan informasi spesisfik tentang dokumen penting tersebut. Pada beberapa negara, visa tidak diperlukan untuk masa tinggal maksimal 30 hari. Maka dari itu, tergantung pada masing-masing wilayah.

Pengajuan visa tergantung dari negara dan tujuannya. Namun pada umumnya antara lain:

-          Paspor yang valid dan telah disahkan untuk perjalanan ke UEA.

-          Dua formulir aplikasi visa

-          Dua foto ukuran paspor

-          Paspor versi kopi

-          Surat dari atasan yang menjelaskan tentang pekerjaan

-          Surat/faks dari sponsor UEA ke kedutaan besar terdekat yang menyebutkan nama dan lama menginap.

-          Biaya yang berlaku, hanya dibayar tunai

 

Tidak ada kesulitan dalam mempersiapkan paspor dan visa untuk kerja dan berkunjung ke Umi Emirat Arab, bukan? Akan lebih baik bila persiapkan dokumen-dokumen penting dari informasi yang didapat guna memudahkan saat proses pengajuan. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp